Kemenag dan INOVASI Kaji Integrasi Modul Literasi, Numerasi, dan Inklusi

https://kemenag.go.id/

Jakarta (Kemenag) -- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag dan INOVASI (Inovation for Indonesia’s School Children Australisa Indonesia Partnership) menggelar rapat kajian integrasi modul literasi, modul numerasi dan modul inklusi. Ketiga modul ini akan diintegraikan ke dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Direktur GTK  Madrasah Suyitno, menyetujui opsi penggabungan modul literasi, numerasi dan inklusi yang disusun oleh INOVASI ke dalam PPKB guru madrasah. “Inilah yang akan kita gunakan sebagai acuan, dan bisa tahu siapa guru yang memiliki ekspertice untuk bidang tertentu," kata Suyitno di Kantor Kemenag Jakarta, Rabu (8/5).

Suyitno juga menginginkan penggunaan Aplication for Teacher Improvement (ATI) bisa dipercepat. Sebab, menurutnya, ATI bisa memberikan informasi tingkat kompetensi guru secara terukur. 

Menurut Mark Heyward, selaku Program Director INOVASI, kurikulum nasional masih belum bisa memfasilitasi siswa berfikir kritis dan problem solving. Ia mencontohkan siswa kelas 3 dan 4 mulai kesulitan materi bilangan pecahan untuk diterapkan di kehidupan nyata.

“Fondasi untuk semua pendidikan numerasi dan literasi. Yah jelas sekali, semua pembelajaran itu perlu dasar literasi yang kuat,” kata Mark. 

Fainy Sentosa dari INOVASI menjelaskan bahwa modul INOVASI dibuat secara berjenjang sesuai tingkatannya. Jenjangnya dibagi menjadi tujuh sesuai warna pelangi. “Disesuaikan, jumlah kosa katanya, jumlah kata yang ada di setiap halaman, gambar dan ukuran tulisan dalam tiap halamannya,” jelas Fainy.

Dalam rapat ini juga dibahas prioritas program kerjasama Kementerian Agama dan INOVASI. Beberapa yang menjadi fokus antara lain: perluasan progam PPKB dan INOVASI di 10 provinsi, mendorong kerjasama PPKB dengan swasta, dan melakukan evaluasi untuk memastikan guru menerapkan metode pembelajaran yang diperoleh dari training di kelas.

Rapat ini dihadiri juga Kasubdit Bina GTK MA/MAK, Kastolan, Kasubdit RA, Siti Sakdiyah, Kasubbag TU, M. Sidik Sisdiyanto dan tim INOVASI Joanne Dowling, Ingga D. Vistara, Abdul Munir dan Khotimul Aksom.

Sumber : Dit GTK/ Asep S
Penulis : Maryani Abdul Muiz
Editor : Khoiron

Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka