Menag: MHQH Memotivasi Generasi Muslim Dunia Menghafal Alquran dan Hadist

https://kemenag.go.id/berita/read/510182/menag--mhqh-memotivasi-generasi-muslim-dunia-menghafal-alquran-dan-hadist

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan bahwa Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadis (MHQH) menjadi momentum untuk memotivasi generasi muslim dunia untuk menghafal Al-Quran dan Hadis. Hal ini disampaikan Menag saat menghadiri penyerahan hadiah MHQH  Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Tingkat ASEAN Pasifik ke-11, di Jakarta.

“Ini memberikan dorongan dan motivasi kepada generasi muslim di berbagai negara,” kata Menag Lukman, Kamis (14/03) malam.

Menag berharap, kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dapat mendorong lahirnya para penghafal Al-Quran dan Hadis. “Penghafal Al-Quran dan Hadis yang bertambah setiap tahunnya ini semoga mampu menjadi duta untuk mendakwahkan  Dienul Islam sebagai  rahmatan lil ‘alamin di tengah masyarakat dunia,” harap Menag.

Mengenakan batik coklat,  Menag Lukman duduk di deretan kursi depan di atas podium bersama Wakil Resmi Yang Mulia Pangeran Khalid Bin Sultan Bin Abdul Aziz Ulu Su'ud, Al Syeikh Soleh Ibrahim Al Khleifi, Penasihat Raja dan Anggota Majelis Tertinggi Arab Saudi Abdullah Al Mutlaq, Imam dan Khatib Masjidil Haram Syaikh Dr Abdullah Awwad Al Johani.

Tampak juga Kuasa Usaha Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Yahya Hasan Al Qonthani dan Atase Agama Kerajaan Arab Saudi Syaikh Saad Husain Annamasi.

Acara yang dikemas dalam jamuan makan malam tersebut dihadiri segenap peserta Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat Asean dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 M/1440 H.

Dalam kesempatan tersebut Menag juga didaulat untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat Asean dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 M/1440 H.

Berita Terkait:JK Tutup Musabaqah Hafalan Qur'an Tingkat Asia Pasifik

Menag Lukman juga menyampaikan atas nama negara, pemerintah dan bangsa Indonesia menghaturkan terima kasih yang setinggi tingginya atas prakarsa dan kerja sama Kerajaan Arab Saudi di Jakarta, sehingga Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist tingkat Asean dan Pasifik dapat selalu diselenggarakan setiap tahun dengan lancar dan sukses.

"Semoga kerja sama antara dua negara akan terus berlanjut dan semakin berkembang di masa mendatang untuk kemajuan umat Islam dan dunia Islam," kata Menag.

Menurut Menag kerja sama bilateral di bidang agama dan kebudayaan antara Indonesia dan Saudi Arab ia memiliki latar sejarah yang panjang.

"Sampai kapan pun hubungan kedua negara akan tetap kokoh selamanya, karena spirit keagamaan yang mendasarinya tidak pernah berubah," tandas Menag.

"Sekali lagi saya berharap hubungan dan kerja sama yang terjalin baik dan erat antara Arab Saudi dan Indoensia serta seluruh negara akan terus berkembang di masa masa mendatang dalam berbagai bidang untuk kesejahteraan umat manusia dan perdamaian dunia," kata Menag.

"Ruh agama dan semangat berkebudayaan merupakan energi terbesar yang selama ini mampu mendekatkan hubungan bangsa bangsa di dunia dalam suatu persahabatan dan persaudaraan kemanusian,"sambung Menag.

Di akhir sambutannya Menag mengucapkan selamat jalan kepada segenap peserta Musabaqah dari manca negara.

"Semoga kesan yang indah dan positif tentang Indonesia akan selalu terkenang dan tersimpan di lubuk hati yang paling dalam," harap Menag.

 

Penulis : benny andriyos
Editor : Indah Limy
 
 

Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka